ETLE Polres Bengkulu Utara Resmi Diterapkan

0 36

PesonaNusa. Satlantas Polres Bengkulu Utara resmi launching penerapan Elektronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik di Pos Lantas Alun-alun Malin Rajo Paduko Kota Arga Makmur. Launching ditandai dengan pelepasan balon udara dan driver ETLE oleh Kapolres Bengkulu Utara. Rabu, 16 November 2022.

Kasat Lantas Polres Bengkulu Utara Iptu Eka Hendra Ardiansyah, mengatakan ETLE merupakan penegakan hukum di bidang lalu lintas berbasis teknologi informasi yang menggunakan perangkat elektronik, berupa kamera yang dapat mendeteksi berbagai jenis pelanggaran lalu lintas dan menyajikan data kendaraan bermotor secara otomatis.

“Mulai saat ini, Polres Bengkulu Utara tidak akan ada lagi penilangan secara manual bagi pelanggar lalu lintas. Namun, tilang akan dilakukan secara elektronik dengan menggunakan media foto,” ungkap Iptu Eka.

Kendati belum memiliki ETLE statis, Polres Bengkulu Utara akan menggunakan ETLE Mobile (bergerak.red). Dimana bagi anggota Sat lantas yang menggunakan sepeda motor, akan dibekali kamera GoPro yang diletakkan di helm. Sedangkan, anggota yang berpatroli menggunakan kendaraan roda empat, kamera akan diletakkan di dasbor mobil.

“Karena kita belum memiliki ETLE statis, kita jalankan dengan ETLE Mobile atau bergerak. Sebab penggunaan ETLE  ini instruksi dari Kapolri langsung. Mudah-mudahan kedepannya kita bisa menggunakan ETLE statis,” imbuhnya.

Kapolres Bengkulu Utara AKBP Andy Pramudya Wardana, mengatakan, penilangan secara Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) ini sesuai dengan instruksi dari Polri. Selain menjaga ketertiban lalu lintas, ETLE bertujuan untuk mencegah terjadinya pungli bagi anggota.

“Harapannya dengan diterapkannya tilang electronik ini, masyarakat sebagai pengguna jalan baik pengendara sepeda motor maupun mobil agar lebih berhati-hati dan taat terhadap aturan dan rambu-rambu lalu lintas,” harapnya. [mrx/rls]

Leave A Reply

Your email address will not be published.