Wabup BU: Pemeliharaan Alkes Wajib Dilakukan

0 52

PesonaNusa. Wakil Bupati Bengkulu Utara, Arie Septia Adinata, SE. M.Ap hadir ketika meresmikan Laboratorium PCR dan Oksigen Generator, Selasa (22/3).

Peningkatan fasilitas kesehatan tersebut, dalam rangka memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terkhusus untuk penanganan Covid19.

Disampaikan Wabup Arie keberadaan oksigen generator adalah solusi tepat bagi rumah sakit RSUD untuk mengantisipasi kelangkaan gas tabung oksigen pada keadaan darurat dan sebagai upaya menyelamatkan pasien, karena kemampuan mesin generator oksigen untuk memproduksi sendiri oksigen di rumah sakit secara langsung dapat menjamin keberadaan oksigen akan terus ada pada saat dibutuhkan pasien.

“Harapannya tentu suplai oksigen di rumah sakit yang nantinya akan digunakan untuk pasien bisa terus tersedia dan bisa segera dimanfaatkan,” ungkap Wabup.

Selanjutnya dengan adanya laboratorium PCR di RSUD rujukan Covid19 ini pelayanan tidak perlu lagi mengirim sample swab ke Bengkulu dan hasil PCR lebih cepat keluar, sehingga langkah penanganan pasien selanjutnya juga bisa dilakukan lebih cepat.

“Semoga bermanfaat dan digunakan dengan tepat sasaran, serta wajib dijaga pemeliharaannya agar bisa digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama,” lanjutnya.

Sementara itu Direktur RSUD Argamakmur, dr Herawati mengungkapkan akan siap untuk dapat menjaga fasiltas kesehatan tersebut, karena memang dengan adanya dua fasilitas tambahan ini membuat RSUD Arga Makmur sebagai salah satu rumah sakit rujukan yang ada di Provinsi Bengkulu bisa lebih profesional dan dalam sehari bisa memproduksi 20 tabung besar Oksigen.

Sehingga hal ini bisa memenuhi kebutuhan RSUD Arga Makmur sendiri serta dapat bisa menyuplai pasokan oksigen kepada rumah sakit dan pusat kesehatan masyarakat lainnya, terkhususnya diwilayah Kabupaten BU.

Begitu juga dengan adanya Lab PCR, pihaknya juga sudah bisa melakukan pemeriksaan hasil kriman dari seluruh Puskesmas yang ada. Dengan begitu hasil PCR tidak lagi dikrim ke luar daerah.

“Tentu apa yang menjadi harapan bersama untuk dijaga dan pelihara dengan sebaik-baiknya,” jelasnya. [mrx]

Leave A Reply

Your email address will not be published.