Bupati Mian Ikuti Rakor Penyelenggaraan Perizinan Berusaha

0 60

PesonaNusa. Bupati Bengkulu Utara Ir H Mian didampingi Ketua DPRD Kabupaten Bengkulu Utara Sonti Bakara, SH menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) membahas terkait Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di sektor pertambangan, pertanian dan perkebunan, di Balai Raya Semarak BKL. Rabu (16/2).

Rakor yang bertajukan ” Aktivitas Ekonomi Pemanfaatan Sumber Daya Alam Berbasis Kelestarian Ekosistem Dan Kesejahteran Rakyat”, tersebut dibuka langsung Gubernur Bengkulu Dr. drh. H. Rohidin Mersyah, M.M.A. dihadiri, Forkopimda Prov Bengkulu, Bupati/Walikota se-Provinsi BKL, Ketua DPRD Kab/kota se-prov BKL, BUMN/Instansi vertikal, OPD terkait prov BKL, Kepala DPMPTS se – prov BKL, serta Asosiasi Pelaku Usaha se – prov BKL.

Dalam sambutanya Gubernur Bengkulu menyampaikan perlu diselenggarakanya rakor gubernur bersama pimpinan daerah dengan Bupati, Ketua DPRD dan pelaku usaha pertambangan dan perkebunan di daerah. dalam rangka implementasi PP No 5 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan Berusaha Berbasis Risiko, dan PP Nomor 6 Tahun 2021 Penyelenggaraan Perizinan Berusaha di Daerah.

“Pelaksanan ini untuk memberikan pemahaman bersama memfasilitasi para pelaku usaha dan stakeholder, terkait permaslahan perizinan berusaha di daerah. Memberikan kesempatan berdiskusi langsung antara pemerintah dengan pelaku usaha maupun instansi vertical, terkait masalah perizinan,” jelasnya.

Kemudian, Pemerintah Daerah (Provinsi dan Kabupaten/Kota) wajib menyusun dan menyesuaikan peraturan-peraturan daerah dan peraturan kepala daerah guna mendukung penyelenggaraan perizinan berusaha sebagai amanat dari PP Nomor 6 Tahun 2021.

Lebih lanjut disampaikan, percepatan perizinan berusaha merupakan bagian dari transformasi ekonomi dalam upaya percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional akibat pandemi COVID-19. Dalam rangka pelaksanaan tersebut, diperlukan kesiapan, yaitu regulasi, sistem, dan kelembagaan. [mrx/rls]

Leave A Reply

Your email address will not be published.