Bupati Mian Serius Tingkatkan Kualitas PNS Bengkulu Utara

0 66

PesonaNusa. Sebagai bagian dari penyelenggara negara, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara terus berupaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Aparatur demi tercapainya percepatan pembangunan di Kabupaten Bengkulu Utara.

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia sebagai leading sector yang menangani urusan kepegawaian, selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM aparatur melalui berbagai program dan kegiatan.

Bupati Bengkulu Utara, Ir H Mian, melalui Kepala BKPSDM BU, Setyo Budi Raharjo, mengatakan, Rabu (5/8), sejak dicabutnya moratorium pengadaan PNS, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara pada tahun 2018 menerima kuota CPNS sebanyak 145 orang dari formasi umum dan 3 orang dari formasi bidan ex PTT Kementerian Kesehatan.

Untuk pengadaan CPNS Formasi tahun 2018, proses seleksi dilaksanakan dengan menggunakan metode Computized Assisted Test (CAT) BKN.

“Metode CAT BKN sampai saat ini diyakini merupakan metode yang dapat diandalkan bentuk dari transparansi untuk melakukan rekrutmen pegawai, karena dinilai dapat memutus mata rantai aroma KKN yang selama ini sering dikaitkan dalam proses rekrutmen pegawai,” tegasnya.

Metode CAT yang dikembangkan oleh BKN menerapkan real time scoring, artinya saat peserta mengerjakan soal ujian, saat itu juga keluarga dapat memantau nilainya secara langsung di monitor khusus.

Selain itu, peserta juga akan langsung dapat melihat nilai akhirnya begitu sesi ujian berakhir.

“Dengan menggunakan metode CAT BKN, di tahun 2018 Kabupaten Bengkulu Utara berhasil merekrut 145 orang CPNS yang merupakan putra putri terbaik dari 2.283 orang pendaftar yang membuat akun SSCN BKN. 145 orang ini berhasil dalam dua kali tahap seleksi yakni Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Alhamdulillah output dari seleksi CPNS tersebut adalah CPNS yang berkualitas dan berintegritas, bersih, jujur dan kredibel,” terang Budi.

Selanjutnya di tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara kembali menyelenggarakan Seleksi CPNS dengan menggunakan metode CAT BKN.

Budi melanjutkan, meski hanya mendapat kuota formasi sebanyak 45 orang, namun antusias pelamar sungguh luar biasa, karena tercatat ada 3.084 pendaftar yang melamar untuk memperebutkan 45 kuota CPNS.

“Ditahun itu Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara dan Pemerintah Provinsi Bengkulu serta tujuh Kabupaten lain sepakat untuk menyelenggarakan seleksi CPNS dengan menggandeng Universitas Negeri Bengkulu (UNIB) sebagai mitra penyedia sarana dan prasarana untuk pelaksanaan seleksi namun tetap menggunakan metode CAT BKN,” jelasnya.

Dalam hal peningkatan kualitas SDM Aparatur, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara terhitung telah memberikan izin belajar bagi 501 PNS.

Sementara PNS yang mengusulkan tugas belajar pada periode 2016-2019 total ada 19 orang, untuk peningkatan kapasitas pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, sejak 2016-2019 telah mengirimkan 5 orang PNS mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat II, 114 orang, Diklat Kepemimpinan Tingkai III dan ada 105 orang PNS untuk mengikuti Diklat Kepemimpinan Tingkat IV.

Sedangkan bagi CPNS yang diangkat pada periode 2016-2019 keseluruhannya telah diikutkan pada Diklat Pra Jabatan dengan rincian sebagai berikut:

a. CPNS PTT Kementerian Kesehatan Formasi tahun 2017, mengikuti Diklat Dasar Tahun 2018 sebanyak 106 orang;

b. CPNS Dari THL Penyuluh Pertanian Kementerian Pertanian formasi Tahun 2017, mengikuti Diklat Dasar Tahun 2018 sebanyak 16 orang;

c. CPNS Formasi Umum Tahun 2018, megikuti Diklat Dasar tahun 2019 sebanyak 140 orang;

d. CPNS Formasi PTT Kementerian Kesehatan Formasi Tahun 2018, mengikuti Diklat Dasar Tahun 2019 sebanyak 3 orang. [mrx/adv]

Leave A Reply

Your email address will not be published.