Kinerja Konsultan Pengawas Proyek 2017 DPUPR BU Belum Memadai

0 108

PesonaNusa. Empat paket proyek TA 2017 yaitu Peningkatan Jalan Air Sabai- Air Pandan, Peningkatan Jalan Kota Bani- Suka Baru, pembangunan Bendungan Sengkuang dan pembangunan Gapura Batas Lebong- BU menjadi temuan BPK RI Perwakilan Provinsi Bengkulu.

Hasil audit itu terkait pekerjaan pada kontrak konsultan pengawas, yang belum dilakukan secara memadai.

Baca: Laporkan BU 1 ke KPK, Puskaki Tidak Mundur

Pemeriksaan BPK diperoleh, tidak adanya Asbuilt Drawing dan Backup Data yang dibuat konsultan pengawas pada akhir masa kontrak sesuai dengan tanggung jawab dari konsultan, sehingga sulit untuk mengetahui persentase akhir pada masa akhir kontrak.

Selain itu tidak ada perpanjangan kontrak konsultan pengawas, sehingga pengawasan pekerjaan pada masa pemberian kesempatan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna anggaran.

Setelah pemberian kesempatan kepada penyedia kontrak, tim pemeriksa BPK juga tidak menemukan adanya dokumen akhir keluaran yang disusun sehingga belum dapat diyakini apakah pekerjaan yang dihasilkan sesuai dengan kontrak atau tidak atas persentase akhir pekerjaan.

Kontrak paket pekerjaan konsultan pengawas atas kontrak konstruksi oleh Dinas PUPR Bengkulu Utara tersebut didapati tidak lengkapnya laporan ketika perkerjaan apakah dilakukan pemberian kesempatan dan atau putus kontrak.

Akibat kondisi demikian beresiko pelaksanaan pekerjaan tidak sesuai dengan spesifikasi.

Seperti diketahui, akhir November lalu kontraktor PT Fermada Tri Karya pada proyek APBN Bendungan Sengkuang TA 2017 senilai Rp 4.9 miliar menggugat Pemda Bengkulu Utara Cq Dinas PUPR Bengkulu Utara ke PN Argamakmur.

Akibat pemutusan kontrak sepihak, kontraktor menuntut gantirugi Rp 2.4 miliar, termasuk uang pinjaman Rp 600 juta serta gantirugi immaterial Rp 4 miliar.

“Kita tidak dalam kapasitas bantah membantah tapi itulah fakta yang nanti bila tiba saatnya acara pembuktian akan terbuka di persidangan secara terang benderang,” ujar Ruben Panggabean kuasa hukum kontraktor belum lama ini. [mrx]

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.