Tantawi Merasa Miris Proyek Irigasi Kemumu Belum Juga Rampung

0 45

PesonaNusa. Para petani di Kelurahan Kemumu, Kecamatan Arma Jaya hingga akhir Oktober belum juga masuk musim tanam. Bukan kemarau panjang tapi faktor lain diduga menjadi penyebabnya, yaitu pekerjaan rehabilitasi irigasi Kemumu, Air Nokan diduga belum rampung.

Menerima kabar itu, Anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Tantawi Dali meminta pihak rekanan agar mempercepat pekerjaannya. Menurutnya, proyek rehabilitasi irigasi tersebut merupakan hasil jaring aspirasi masyarakat Kecamatan Arma Jaya tahun lalu.

Jika memang masa kontrak sudah habis, ia mendesak dinas PU Provinsi Bengkulu dalam hal ini bidang pengairan untuk segera mengambil langkah-langkah.

“Masyarakat tidak tahu kapan selesainya (rehab irigasi, red). Kalau tahu target selesainya, mungkin mereka bisa tanam palawija. Ini kan tidak, mau tanam palawija nanti air mengalir. Sedangkan mau menunggu kapan air mengalir, tidak jelas waktunya. Akhirnya kan semua jadi sia-sia dan lahan jadi tidak tergarap dan ini bisa berimbas pada perekonomian keluarga mereka,” beber politisi NasDem baru-baru ini.

Dampak negatif lainnya, ditakutkan jika terlalu lama tidak digarap, akan terjadi alih fungsi lahan pertanian. Kalau sampai kawasan kemumu sudah beralih fungsi maka akan mengancam produksi padi di Bengkulu Utara.

“Jujur saja dalam kondisi seperti ini, saya sangat miris. Makanya malam ini masyarakat minta saya reses di Kemumu. Saya memperjuangkan aspirasi masyarakat, kalau urusan fisik pekerjaan kami tidak terlalu memantau yang pasti kami minta agar pekerjaan dipercepat tidak hanya cepat selesai tapi juga bermutu,” pungkasnya. [mrx]

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.