5.8 km Jalan Lingkar Bengkulu Outer Ringroad Rampung Akhir 2019

0 98

PesonaNusa. Jalan lingkar Bengkulu Outer Ringroad akan menghubungkan Air Sebakul hingga Simpang Nakau Kota Bengkulu. Pembangunan jalan ini, kini dalam proses pengerjaan dan ditargetkan bisa rampung di penghujung tahun 2019 sehingga bisa segera dimanfaatkan.

Jalur sepanjang 5,8 kilometer itu akan tersambung jembatan elevated sepanjang 600 meter.

“Sudah bertahun-tahun kalau Air Sebakul – Nakau ini jadi harapan warga. Terutama orang-orang seperti kami yang berkebun di Bengkulu Tengah, jalur andalannya ya jalur ini. Yang dari Simpang Nakau sudah mulus, mudah mudahan segera tersambung hingga Air Sebakul,” ucap Nasirwan, petani yang tinggal Pagar Dewa Kota Bengkulu saat melintas jalur Nakau-Air Sebakul menggunakan motor, pada Kamis (26/9).

Begitu juga dengan Suyanto, warga Kota Bengkulu itu meyakini ringroad Nakau-Sebakul akan menjadi jalur andalan lantaran mampu memangkas jarak dan waktu tempuh ketimbang melalui jalur dalam kota.

“Kalau lewat kota bisa setengah jam, kalau lewat sini cukup 15 menit,” tuturnya yang juga berharap jalur tersebut lekas rampung pembangunannya.

Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah saat meninjau progres pembangunan jembatan layang di jalur tersebut menjelaskan, jalan Nakau -Air Sebakul sudah direncanakan beberapa tahun silam.

Karena jalur tersebut melintasi taman wisata alam, maka dibutuhkan perizinan di Kementerian LHK sebelum proses pembangunan.

“Pembangunan jalan ini digarap melalui APBN 2019. Kemudian APBD mengerjakan tembok pagar ringroad. Targetnya rampung tahun ini termasuk jembatan layang yang progresnya sudah mencapai 60-70 persen ini. Sehingga tahun 2020 jalur ini sudah bisa dimanfaatkan,” ucap Rohidin.

Saat ini, kata Rohidin, angkutan logistik masih melalui jalur dalam kota lantaran tak ada jalur lain. Dengan terbangunnya jalan lingkar tersebut, ia meyakini transportasi dan jalur distribusi akan nyaman, apalagi kendaraan dengan tonase besar.

“Kalau sudah melalui jalur ini tentunya jalan dalam kota tidak akan mudah rusak. Jalur ini akan menjadi pilihan distribusi logistik dan juga akses mobilitasi masyarakat dari maupun menuju Kota Bengkulu,” kata Gubernur Rohidin. [mrx/MC]

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.